Quantcast

Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

logsed
2011/6/4 <[hidden email]>

> Kelihatannya mungkin bagian dari ekor planet X.

Kalau ada ekornya berarti bukan planet, tetapi komet.

Definisi planet adalah benda langit besar yang bergerak mengorbit
suatu bintang (contohnya: matahari kita)

Jika ada benda  yang datang ke tata surya dari luar bergerak mendekati
bumi, maka per definisi, benda itu bukan planet.
Mungkin komet atau benda lain.

Pluto yang sedemikian kecil dan jauhnya dari matahari, sudah sejak
lama terdeteksi.
Apalagi jika ada benda besar mendekati bumi. Pasti sudah terdeteksi sejak dulu.

Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Wongsony-7

Mengelilingi matahari dalam orbit elips. Katanya tatasurya kita adalah tata surya biner, matahari yang satu tidak bercahaya. Mungkin planet super besar. Jaraknya dengan matahari (yang bercahaya) katanya sekitar kalau tidak salah 18 atau 19 kali jarak matahari dan pluto.

Nah dalam orbit elips nya selama 3657 tahun sekali putaran, ia banyak menarik debu, asteroid, meteorit dll. Ia juga punya beberapa bulan.

Mungkin komet Elenin juga salah satu bulannya. Untuk buktinya saya kira kita harus menunggu, dugaan saya, paling lambat Agustus 2011.

>Pluto yang sedemikian kecil dan jauhnya dari matahari, sudah sejak
>lama terdeteksi.
>Apalagi jika ad

http://www.youtube.com/watch?v=1297-dElXlA&feature=related
 http://www.youtube.com/watch?v=fzzpe5J9j6s&feature

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

logsed

Matahari yang tidak  bercahaya? Saya belum pernah dengar.
Tolong diberi tahu referensinya. Thanks.

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Wongsony-7
Apakah soal dark twin, yaitu kembaran planet bumi yang berbagi orbit yang sama (dalam mengelilingi matahari), tetapi jarang terlihat karena tertutup oleh tubuh matahari, pernah anda dengar juga?

________________________________
> [...]

Matahari yang tidak  bercahaya? Saya belum pernah dengar.
Tolong diberi tahu referensinya. Thanks.

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Maaf, maksudnya, katanya, planet X di tarik oleh gravitasi oleh 2 induknya, matahari dan matahari-gelap. Jarak antara 2 "matahari" ini sekitar 18 atau 19 (sudah lupa) jarak matahari dan pluto.

Yang memiliki orbit 3657 tahun saat mengelilingi matahari, adalah planet X. Ia harus menempuh jarak yang jauh akibat tarikan (gravitasi) dari matahari-gelap.

Saat ini posisi planet X dekat matahari. Semakin dekat matahari, lajunya semakin lambat. Kalau tidak salah sudah sekitar 2 tahun tidak bergerak jauh dari posisi terdekatnya dengan matahari. Kalau ia sedang terlihat, karena tidak tertutup oleh partikel2 dari matahari, ia sering terlihat sebagai fenomena second-sun. Terlihat seperti anak-nya matahari.

________________________________

> [...]

http://www.youtube.com/watch?v=fzzpe5J9j6s&feature

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Wal Suparmo
Tidak ada yang namanya tertutup atau dibalik matahari.
Memangnya kita kembali kezaman Galilei lagi?

Wasalam,
Wal Suparmo

Dari: Sony Wongso <[hidden email]>
Judul: Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: [Spiritual-Indonesia] (unknown)
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Tanggal: Selasa, 7 Juni, 2011, 9:49 AM

> [...]

Matahari yang tidak bercahaya? Saya belum pernah dengar.
Tolong diberi tahu referensinya. Thanks.

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Memang masih di jaman klasik. Sains kan berkembang terus. Planet-planet yang sebelumnya belum pernah diketahui, akan ditemukan.

________________________________

2011/6/7 Sony Wongso <[hidden email]>

> Memang masih di jaman klasik. Sains kan berkembang terus. Planet-planet yang sebelumnya belum pernah diketahui, akan ditemukan.

Sejauh ini para astronom telah berhasil menemukan 522 planet baru di
tata surya lain.

http://en.wikipedia.org/wiki/Extrasolar_planet

Belum lama ini, para astronom berhasil mendeteksi  benda langit
terjauh yang berjarak lebih dari 1 milyar tahun cahaya.
Berarti yang di amati adalah signal yang dipancarkan 1 milyar tahun lalu,

Baru-baru ini seorang mahasiswi S1 di australia berhasil menemukan
massa yang hilang di galaksi kita.

Beberapa black hole juga berhasil ditemukan. Black hole tidak dapat
langsung dideteksi, tetapi kehadirannya diketahui karena menyedot
partikel-partikel dari
benda langit yang kebetulan ada di dekatnya.

Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: (unknown)

Wal Suparmo
Ini yang saya pernah baca:

" Kalau hanya berjarak sd 20 kali Matahari- Pluto ranah itu masih berada dalam lingkup "Sabuk Kuiper". Artinya dia masih dalam tautan, tarikan, Matahari kita. Tentang Matahari gelap yang anda sebut itu agak aneh kedengarannya. Dari mana konotasi itu bisa terambil. Segelap=gelapnya benda seperti Matahari (kalau ukurannya sama) tentunya akan terdetreksi dengan sensor inframerah. Selama ini Sensor2 yg peka tidak menangkap adanya gelombang elektro maknetik dari "benda gelap"tersebut. Lain halnya kalau benda itu tergolong asteroid besar. Sebagai asteropid dia aharus bergerak mengelilingi Matharai dengan periode edar paaaaanjang sekali.

Yang memiliki orbit 3657 tahun saat mengelilingi matahari, adalah planet X. Ia harus menempuh jarak yang jauh akibat tarikan (gravitasi) dari matahari-gelap.

Banyak asteroid, termasuk yang besar, mempunyai kala edar besar. Rumus umumnya adalah periode pangkat 3 sebanding dengan jarak (dari matahari) kuadrat. Asteroid ini memenuhi hukum tersebut--karena itu tetap dikatakan "anak" matahari kita. Jadi bukan "matahari gelap tandingan Matahari.

[...]

Ada hal yang bertentangan. Makin dekat Matahari tentunya, akibat percepatan gaya tarik Matahri, gerakannaya menjadi makin cepat (ingat sebuah komit, kalau jauh dari Matahari bergerak lambat, tetapi kalau dekat Matahari bergerak cepat).Agak aneh kalau dua tahun tidak bergerak (atau dia bergerak sepanjang the line of sight, jadi gerakan lateral tidak tampak). Ini bisa terjadi kalau benda itu bergerak "head on", stright menuju Matahari. Ini sukar dipercaya karena spektroskopi yang dipergunakan untuk mengukut kecepatan akibat gerak Dopllerian (bandingkan peluit lokomotof yang bergerak menjauhi kita mempunyai pitch lebih lambat dinaing dengan yang mendekati kitadi setatsiun)

Mudah2an keterangan ini menjawab pertanyaan anda. Op slot: agak sukar menerima preposisi adanya:1.Kembaran gelap matahari.2. Tidak adanya gerak diri (proper motion) selama dua tahun "

Dari: Sony Wongso <[hidden email]>
Judul: Re: Apa yang dimaksud "Planet"? Re: [Spiritual-Indonesia] (unknown)
Kepada: "[hidden email]" <[hidden email]>
Tanggal: Selasa, 7 Juni, 2011, 6:20 PM