Quantcast

Panteisme, panenteisme dan pandeisme

123

Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Gerah Jiwo
Gw lagi asyik menyelami sejumlah paradigma yg ada di wiki,
ndilalah nemu tiga buah paradigma yg namanya rada2 mirip.
Dan bukan hanya namanya yg mirip, alur memikirannya-pun juga rada mirip,
shg butuh sedikit permenungan utk membedakan ketiganya.

________________________________

Panteisme

berasal dari:
pan     = semua
theos  = Tuhan  abstrak

Bedakan pengertian theos(Tuhan abstrak)dgn deus (Tuhan konkrit).
Deus (Tuhan konkrit) adalah Tuhan yg memiliki sosok atau supreme being,
sbg mana layaknya pengertian Tuhan dalam agama samawi.

Panteisme secara harafiah berarti:Semua adalah Tuhan.

Pengertiannya adalah:
1. segala sesuatu adalah Tuhan abstrak
2. Tuhan adalah alam semesta (termasuk benda mati, benda hidup dan manusia)
3. Tuhan adalah  sinonim dari materi alam semesta

________________________________

Panenteisme

berasal dari:

 pân     = semua
en       = dalam
theós  = Tuhan abstrak

Panenteisme secara harafiah berarti: Semua di dalam Tuhan

Pengertiannya adalah:
1. Tuhan ada dan meresapi setiap bagian dari alam.

2. Tuhan tidak dipandang sebagai pencipta,  melainkan sebagai penggerak alam
semesta
3. alam semesta adalah bagian nyata dari Tuhan.

4. Tuhan lebih besar dari alam semesta
5. alam semesta ada dalam Tuhan.

________________________________

Pandeisme

berasal dari:
pan    = semua

Deus  = Tuhan konkrit (supreme being atau Tuhan dalam pengertian agama samawi)

Pandeisme merupakan  kombinasi dari deisme dan panteisme.
Terjemahan harafiahnya sama dgn panteisme, tapi Tuhan yg dimaksud adalah

sosok supreme being atau Tuhan versi agama samawi.

Pengertiannya adalah:
1. Tuhan masih dipandang sbg creator, tapi hanya membuat hukum alam, lalu
kemudian menarik diri

2. Tuhan tidak ikut campur dalam  urusan kehidupan manusia
3. Tuhan tidak akan menginterfensi alam lewat mukjizat

4. Tuhan tidak pernah memberikan wahyu gaib
5. Tuhan tidak pernah memberikan gelar kenabian kpd seorangpun
Konsep yg ke 2-5 itulah yg membedakan antara pandeisme dgn deisme.
Sedangkan konsep yg pertama, membedakan antara pandeisme dgn panteisme,
mengingat dalam panteisme tidak dikenal sosok supreme being yg bertindak sebagai
creator.

Nah, kira2 Manunggaling Kawulo Gusti termasuk paradigma yg mana ?

Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Aryandi Yogaswara-2
Mendingan cari dulu itu peradaban islam gimana jaman khalifah harun ar rasyid, yg katanya raja2 eropa kirim anak2 dan org2 pinternya datang ke kekhalifahan islam utk belajar.

Sy pernah lihat di metro tv film dokumenter efek peradaban islam bagi dunia.

Buat saya peduli amat bener atau ngga nya.

Lu cek sendiri deh kalu emang lu masih mencari.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

wawan-3

orang-orang islam dulu ada aliran yang disebut mutazilah..
golongan ini menjunjung tinggi prinsip akal diatas al-quran

artinya lebih penting akal daripada al-quran itu sendiri

tak kira gus dur juga sebenarnya aliran ini...

selain itu ...dulu juga ada golongan islam yang juga berprinsip empirisme...

tapi sebenarnya per logika islam versi mohammad, golongan islam yang mutazilah dan yang empirisme ini disebut BIDAH atau haram jadah...

di dalam islam versi logika-nya mohammad, rasio tidak boleh dipake, atau sementara ditaruh di dengkul dulu...

--- In [hidden email], aryandiyog@... wrote:

> [...]
>
> Buat saya peduli amat bener atau ngga nya.
>
> Lu cek sendiri deh kalu emang lu masih mencari.

Re: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Aryandi Yogaswara-2
Mutazilah ini berkembang di jaman kalifah haron ar rasyid, jaman yg katanya puncak siklus keemasan trah mohammad.

Abis itu siklus turun dimulai, sampai kekalifahan islam disikat bangsa mongol (titik imaginernya seperti babilon menyikat israel raya dulu), kemudian bangsa spanyol-portugis (titik imaginer: old persian) naik tahta, trus digantikan britania raya (titik imaginer yunani-alexander the great), abis tuh amerika (titik imaginernya seperti roman empire).

Setelah bangsa ke empat, saatnya matahari terbit.

> [...]

> Lu cek sendiri deh kalu emang lu masih mencari.
>
> Powered by Telkomsel BlackBerry®

Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

sik sik

mutazilah ini berjaya lebih dikarenakan siklus dunia ?

or

karena mereka meninggikan akal lebih dari kitab sucinya ?

> [...]
>
> Setelah bangsa ke empat, saatnya matahari terbit.

Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Gerah Jiwo
Yah...Metro TV dipake acuan.
Terang aja Metro TV memberitakan hal2 yg baik mengenai Islam,
soalnya klo nggak...
bakalan dibakar sama FPI.

________________________________

From:  Gerah Jiwo <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Thu, 4 Nov 2010 08:17:13 -0700 (PDT)
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

[...]

Re: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

wawan-3
bossnya metrotipi juga orang aceh...

jembut di dagunya lebattt...

--- In [hidden email], Gerah Jiwo <gerahjiwo@...> wrote:

> [...]
> soalnya klo nggak...
> bakalan dibakar sama FPI.

Re: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Pola sperti mutazilah selalu merupakan pola jam 12 siang, seperti jaman king solomon. Yaitu posisi sedang kaya kaya nya.

Yg terjadi pada jam 12 adalah diibaratkan posisi matahari mencapai titik tertinggi, yg berarti juga adalah saatnya declining.

Saat dimana akal digunakan dg sangat optimum, sangat selaras dg alam.

Saking selarasnya, tuhan tidak lagi diperlukan. Alam menggantikan posisi tuhan. Kalau anda bilang: Akal lebih penting/tinggi dari alquran.

Dan yeps, ketika tuhan hilang dari diperlukannya, maka yg terjadi adalah matahari semakin turun dan turun, sampai akhirnya sore, trus kemudian malam.

Lucu memang, proses tuhan ini.

Dan dalam silih bergantinya (kekuasaan) malam dan siang, terdapat tanda2 bagi yg memikirkannya.

Sik asik asik

> [...]

> Setelah bangsa ke empat, saatnya matahari terbit.

Re: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Emang FPI berani ya ama surya paloh?

Istighfar bar..

From:  Gerah Jiwo <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Thu, 4 Nov 2010 08:17:13 -0700 (PDT)
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

[...]

Orang aceh?

Adakah yg benar2 tahu silsilah keturunan surya paloh dan darimana uang itu turun? Dari langit kah?

Powered by Telkomsel BlackBerry®

> Yah...Metro TV dipake acuan.
> Terang aja Metro TV memberitakan hal2 yg baik mengenai Islam,
> soalnya klo nggak...
> bakalan dibakar sama FPI.

Bls: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Gerah Jiwo
Jadi Surya Paloh orang mana, Bang?

Uang yg mana Bang?

Ya, ya, I know, pasti jawabnya: "silahkan browsing sendiri...."

________________________________

From:  "wawan" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 05 Nov 2010 01:57:35 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>dunia.<<
> Yah...Metro TV dipake acuan.
> Terang aja Metro TV memberitakan hal2 yg baik mengenai Islam,

Re: Bls: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Aryandi Yogaswara-2
Pinterr...

From:  "wawan" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 05 Nov 2010 01:57:35 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>dunia.<<
> Yah...Metro TV dipake acuan.
> Terang aja Metro TV memberitakan hal2 yg baik mengenai Islam,

Bls: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Ahmad Wadud
""di dalam islam versi logika-nya mohammad, rasio tidak boleh dipake, atau
sementara ditaruh di dengkul dulu...""

Buktinya Pak?

________________________________
Terkirim: Jum, 5 November, 2010 06:39:34
Judul: [Spiritual-Indonesia] Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

> [...]

> Buat saya peduli amat bener atau ngga nya.
>
> Lu cek sendiri deh kalu emang lu masih mencari.

Bls: Bls: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Gerah Jiwo
Konon Gerah Jiwo itu tititnya bisa tahan ereksi 24 jam lho Bang.
Gak percaya?
Browsing aja sendiri.
:D

________________________________
Terkirim: Jum, 5 November, 2010 10:43:32
Judul: Re: Bls: Bls: [Spiritual-Indonesia] Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Pinterr...

From:  Gerah Jiwo <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Thu, 4 Nov 2010 19:34:38 -0700 (PDT)
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

From:  "wawan" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 05 Nov 2010 01:57:35 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

>dunia.<<
> Yah...Metro TV dipake acuan.
> Terang aja Metro TV memberitakan hal2 yg baik mengenai Islam,

Re: Bls: Bls: Bls: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Aryandi Yogaswara-2
Percaya, jadi ga usah browsing dong yah?

From:  Gerah Jiwo <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Thu, 4 Nov 2010 19:34:38 -0700 (PDT)
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

From:  "wawan" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 05 Nov 2010 01:57:35 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

> soalnya klo nggak...
> bakalan dibakar sama FPI.

Bls: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

setiap tindakan anda (baik/buruk) penilaiannya didasari oleh aturan kitab suci atau oleh akal anda sendiri?

anda berani makan babi yang sudah dimasak dengan matang dan steril dari cacing pita?

--- In [hidden email], Ahmad Wadud <ahmadwadud@...> wrote:

> ""di dalam islam versi logika-nya mohammad, rasio tidak boleh dipake, atau
> sementara ditaruh di dengkul dulu...""
>
> Buktinya Pak?

Re: Bls: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Aryandi Yogaswara-2
Maaf, ikutan ya mas...

Kitab ngga layak disebut suci, tanpa adanya akal.

Kalu mau traktir makan babi, boleh call saya.

> [...]

> sementara ditaruh di dengkul dulu...""
>
> Buktinya Pak?

Re: Bls: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

fernando_pm_tambunan
Babi is good om..
> [...]

--- In [hidden email], Ahmad Wadud <ahmadwadud@...> wrote:

> ""di dalam islam versi logika-nya mohammad, rasio tidak boleh dipake, atau

Bls: Bls: Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Gerah Jiwo
Org yg makan babi, tapi masih mengaku Islam,
berarti Islamnya adalah Islam pelintiran.

________________________________

From:  "wawan" <[hidden email]>
Sender:  [hidden email]
Date: Fri, 05 Nov 2010 04:43:01 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo:  [hidden email]

> [...]

> sementara ditaruh di dengkul dulu...""
>
> Buktinya Pak?

Re: Panteisme, panenteisme dan pandeisme

Rudiyana Supriadi
Coba salami-babi emang gurih...

--
Sent from my mobile device