Quantcast

Prabu Siliwangi Beragama Islam?

classic Classic list List threaded Threaded
28 messages Options
12
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Prabu Siliwangi Beragama Islam?

bens.sudjanto
 Prabu Siliwangi Beragama Islam?
29 Nov 2010

SEJUMLAH warga terlihat termangu, saat memasuki Museum Sejarah Islam Sunda
"Prabu Siliwangi". Museum yang berada di areal pojok Pesantren Dzikir
Al-Fath di Kompleks Gading Kencana, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan
Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Minggu (28/11), sempat menarik perhatian warga
terutama puluhan pelajar yang kebetulan memperoleh undangan untuk menghadiri
peresmian museum.

Para pelajar Kota Sukabumi sempat tidak perca) dengandipamerkannya sejumlah
benda bersejarah, yang berkaitan dengan keberadaan Prabu Siliwangi. Bahkan,
mereka sempat mengernyitkan dahi setelah mengetahui ternyata Prabu Siliwangi
telah menganut agama Islam. Padahal, dalam sejarah yang tertulis dalam
buku-buku pelajaran di sekolah menyatakan kerajaan Pajajaran menganut agama
Hindu.

"Apakah benar Prabu Siliwangi beragama Islam?," ujar Adi Ramadhan, salah
seorang pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cita Bina Mandiri

(CBM) Pakujajar kepada "PR", Minggu (28/11).

Rasa penasaran pelajar itu.muncul setelah menyimak beberapa tulisan yang
berisikan wasiat Prabu Siliwangi dalam Kitab Suwasit, yang dipamerkan
didalam ruangan pameran itu. Didalam Kitab Suwasit Sasakala Prabu Siliwangi
itu, diceritakan perjalanan Prabu Siliwangi saat masuk Islam, berangkat ke
haji dengan Syeh Quro. Termasuk dalam kitab yang sama mengenai diperolehnya
gelar Prabu Siliwangi hingga menghilangnya Kerajaan Pajajaran secara gaib.

"Cerita ini sungguh sangat menarik. Akan tetapi, kenapa dalam buku sejarah
hal-hal tersebut tidak pernah kami peroleh," katanya.

Walaupun mereka mengaku sempat membaca sejumlah literatur bacaan di sekolah
mengenai Kerajaan Siliwangi. Namun, tidak membayangkan di Jawa Barat ini,
masih terdapat pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi yang tersimpan
rapi. Begitu pun gambar lokasi situs, arca, benda logam,keramik, hingga buku
sejarah masa kerajaan Siliwangi dipamerkan di museum itu.

Museum yang hanya mampu menampung puluhan orang itu, tidak hanya dipenuhi
peralatan persenjataan milik Kerajaan Siliwangi. Namun, berbagai prasasti
berisikan perjalanan Prabu Siliwangi hingga menganut agama Islam. Begitu pun
sejumlah naskah kuno dan benda peninggalan Prabu Siliwangi semasa menjadi
Raja Pajajaran dipamerkan di museum itu. (Ahmad Rayadie/"PR")
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
masih tanda tanya khan?...ya jawab masing2 aja...he..he.he..he...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, benediktus sudjanto <[hidden email]> wrote:


From: benediktus sudjanto <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 12:00 PM













 

Prabu Siliwangi Beragama Islam?

29 Nov 2010


SEJUMLAH warga terlihat termangu, saat memasuki Museum Sejarah Islam Sunda "Prabu Siliwangi". Museum yang berada di areal pojok Pesantren Dzikir Al-Fath di Kompleks Gading Kencana, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Minggu (28/11), sempat menarik perhatian warga terutama puluhan pelajar yang kebetulan memperoleh undangan untuk menghadiri peresmian museum.
Para pelajar Kota Sukabumi sempat tidak perca) dengandipamerkannya sejumlah benda bersejarah, yang berkaitan dengan keberadaan Prabu Siliwangi. Bahkan, mereka sempat mengernyitkan dahi setelah mengetahui ternyata Prabu Siliwangi telah menganut agama Islam. Padahal, dalam sejarah yang tertulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah menyatakan kerajaan Pajajaran menganut agama Hindu.
"Apakah benar Prabu Siliwangi beragama Islam?," ujar Adi Ramadhan, salah seorang pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cita Bina Mandiri
(CBM) Pakujajar kepada "PR", Minggu (28/11).
Rasa penasaran pelajar itu.muncul setelah menyimak beberapa tulisan yang berisikan wasiat Prabu Siliwangi dalam Kitab Suwasit, yang dipamerkan didalam ruangan pameran itu. Didalam Kitab Suwasit Sasakala Prabu Siliwangi itu, diceritakan perjalanan Prabu Siliwangi saat masuk Islam, berangkat ke haji dengan Syeh Quro. Termasuk dalam kitab yang sama mengenai diperolehnya gelar Prabu Siliwangi hingga menghilangnya Kerajaan Pajajaran secara gaib.
"Cerita ini sungguh sangat menarik. Akan tetapi, kenapa dalam buku sejarah hal-hal tersebut tidak pernah kami peroleh," katanya.
Walaupun mereka mengaku sempat membaca sejumlah literatur bacaan di sekolah mengenai Kerajaan Siliwangi. Namun, tidak membayangkan di Jawa Barat ini, masih terdapat pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi yang tersimpan rapi. Begitu pun gambar lokasi situs, arca, benda logam,keramik, hingga buku sejarah masa kerajaan Siliwangi dipamerkan di museum itu.
Museum yang hanya mampu menampung puluhan orang itu, tidak hanya dipenuhi peralatan persenjataan milik Kerajaan Siliwangi. Namun, berbagai prasasti berisikan perjalanan Prabu Siliwangi hingga menganut agama Islam. Begitu pun sejumlah naskah kuno dan benda peninggalan Prabu Siliwangi semasa menjadi Raja Pajajaran dipamerkan di museum itu. (Ahmad Rayadie/"PR")





     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Indra N
In reply to this post by bens.sudjanto
Kalau menurut beberapa yg saya tangkap, plus cerita xxx
Banyak sejarah kerajaan di nusantara tidak diceritakan sampai tuntas kehancurannya,
Karena banyak yang takut untuk publikasi.

Contoh :
Majapahit, setelah agama ...... masuk maka jadi hancur. Memang berlanjut kerajaannya jadi nama lain, tetapi pengaruh dan kesatuannya hilang dan akhirnya cuma kerajaan kecil.
Pajajaran juga begitu sebetulnya, tapi sayang kerajaan penerusnya tidak muncul karena kehancuran yang "parah"
Ternate Hindu, Kutai, Sriwijaya.
Mataram hindu sebetulnya juga sama tapi tidak sopan ngomong disini karena kerajaan penerusnya masih ada hingga sekarang.

Indonesia ???????


salam.
sori ikutan nulis aja.

  ----- Original Message -----
  From: semar samiaji
  To: [hidden email]
  Sent: Tuesday, November 30, 2010 1:35 PM
  Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?


   
        masih tanda tanya khan?...ya jawab masing2 aja...he..he.he..he...

        salam,
        ss

        --- On Tue, 11/30/10, benediktus sudjanto <[hidden email]> wrote:


          From: benediktus sudjanto <[hidden email]>
          Subject: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
          To: [hidden email]
          Date: Tuesday, November 30, 2010, 12:00 PM






          Prabu Siliwangi Beragama Islam?
          29 Nov 2010
          SEJUMLAH warga terlihat termangu, saat memasuki Museum Sejarah Islam Sunda "Prabu Siliwangi". Museum yang berada di areal pojok Pesantren Dzikir Al-Fath di Kompleks Gading Kencana, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Minggu (28/11), sempat menarik perhatian warga terutama puluhan pelajar yang kebetulan memperoleh undangan untuk menghadiri peresmian museum.
          Para pelajar Kota Sukabumi sempat tidak perca) dengandipamerkannya sejumlah benda bersejarah, yang berkaitan dengan keberadaan Prabu Siliwangi. Bahkan, mereka sempat mengernyitkan dahi setelah mengetahui ternyata Prabu Siliwangi telah menganut agama Islam. Padahal, dalam sejarah yang tertulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah menyatakan kerajaan Pajajaran menganut agama Hindu.
          "Apakah benar Prabu Siliwangi beragama Islam?," ujar Adi Ramadhan, salah seorang pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cita Bina Mandiri
          (CBM) Pakujajar kepada "PR", Minggu (28/11).
          Rasa penasaran pelajar itu.muncul setelah menyimak beberapa tulisan yang berisikan wasiat Prabu Siliwangi dalam Kitab Suwasit, yang dipamerkan didalam ruangan pameran itu. Didalam Kitab Suwasit Sasakala Prabu Siliwangi itu, diceritakan perjalanan Prabu Siliwangi saat masuk Islam, berangkat ke haji dengan Syeh Quro. Termasuk dalam kitab yang sama mengenai diperolehnya gelar Prabu Siliwangi hingga menghilangnya Kerajaan Pajajaran secara gaib.
          "Cerita ini sungguh sangat menarik. Akan tetapi, kenapa dalam buku sejarah hal-hal tersebut tidak pernah kami peroleh," katanya.
          Walaupun mereka mengaku sempat membaca sejumlah literatur bacaan di sekolah mengenai Kerajaan Siliwangi. Namun, tidak membayangkan di Jawa Barat ini, masih terdapat pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi yang tersimpan rapi. Begitu pun gambar lokasi situs, arca, benda logam,keramik, hingga buku sejarah masa kerajaan Siliwangi dipamerkan di museum itu.
          Museum yang hanya mampu menampung puluhan orang itu, tidak hanya dipenuhi peralatan persenjataan milik Kerajaan Siliwangi. Namun, berbagai prasasti berisikan perjalanan Prabu Siliwangi hingga menganut agama Islam. Begitu pun sejumlah naskah kuno dan benda peninggalan Prabu Siliwangi semasa menjadi Raja Pajajaran dipamerkan di museum itu. (Ahmad Rayadie/"PR")


       



 
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
 
karena itu bisa dikatakan sulit dan berat...maka enaknya tinggal "adu" peng-klaim-an...ngaku2 ini dan itu, termasuk katanya Gusti Prabu BERAGAMA Islam...
 
jelas Mas...kenapa saudara2 di suku Kajang dan Baduy adatnya menjadikan baca dan menulis sebagai sesuatu yang tidak dibolehkan....mereka NGGAK PERCAYA sama tulisan...mereka hanya percaya dan yakin dengan LISAN...
 
kalau Masne buka semua buku sejarah Indonesia, SELALU diawali dengan PAHAM ANIMISME DAN DINAMISME...bisa dipahami kenapa ini yang dihadirkan?...salah satunya, agar bangsa ini digambarkan cikal bakalnya adalah manusia2 yang TIDAK punya Tuhan...melalui demikian, dibukalah secara bergelombang awal dan akhir satu episode...di mana, nilai2 yang digambarkan sebagai mana katanya animisme dan dinamisme itu TIDAK cocok, kemudian hadir budaya2 yang LEBIH manusiawi KATANYA...
 
sudah pernah saya postingkan di sini tentang Gusti Prabu Siliwangi...apakah Beliau itu seorang raja???...apakah Beliau seorang Presiden?????...apakah yang disebut pemimpin HANYA bisa dimaknai oleh kedua sebutan tersebut???...
 
bahasa wiwitan menyampaikan "nyukcruk galur mapaytapak"...oleh Bung Karno ditransformasi menjadi "jangan sekali2 melupakan sejarah"...beda bahasa...namun, apakah pemaknaannya SELARAS dan SESUAI kultur bangsa ini awalnya???...BELUM TENTU!!...karena, banyaknya kepentingan2 utamanya politik yang meng-gadang2 Bung Karno misalnya...TETAPI, AMANAH DAN SURI TAULADAN KEMULIAAN DAN KEBAIKAN di dalam dirinya TIDAK dilakoni...LEBIH banyak hanya di sanjung2 doang...apa bedanya, dengan teknis2 MENGKLAIM kalau Gusti Prabu disebut beragama Islam...begitu pun dengan Gusti Brawijaya...PAHAMI AMANAH awalnya....LAKONI...DAN UJUDKAN KE DIRI....AKAN TERBUKA SEMUA DI DALAM DIRI....perlu klaim2 kalo udah begitu??...ya dinikmati lah...he..he..he..he....
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Indra N <[hidden email]> wrote:


From: Indra N <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 2:19 PM









Kalau menurut beberapa yg saya tangkap, plus cerita xxx
Banyak sejarah kerajaan di nusantara tidak diceritakan sampai tuntas kehancurannya,
Karena banyak yang takut untuk publikasi.
 
Contoh :
Majapahit, setelah agama ...... masuk maka jadi hancur. Memang berlanjut kerajaannya jadi nama lain, tetapi pengaruh dan kesatuannya hilang dan akhirnya cuma kerajaan kecil.
Pajajaran juga begitu sebetulnya, tapi sayang kerajaan penerusnya tidak muncul karena kehancuran yang "parah"
Ternate Hindu, Kutai, Sriwijaya.
Mataram hindu sebetulnya juga sama tapi tidak sopan ngomong disini karena kerajaan penerusnya masih ada hingga sekarang.
 
Indonesia ???????
 
 
salam.
sori ikutan nulis aja.
 

Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Sjahrazad
--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel

Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
bisa Abang jelaskan menjadi demikian?...ulah Bung Karno kah???...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <[hidden email]> wrote:


From: Sjahrazad <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:03 PM


--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel



------------------------------------

Yahoo! Groups Links






     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Frans J Santoso
In reply to this post by Sjahrazad
Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.
-----Original Message-----
From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel


Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM








Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel







     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
tambahan satu lagi Om Frans....kalo ada manusia yang bisa menghindar dari kematian, tolong bagi2 alamatnya di mana...mau berguru sama dia saya...he..he..he..he...
 
coba perhatikan salah satu yang dibanggakan dalam kehidupan adalah bercerita tentang penyakit yang dideritanya...kayaknya, kalo udah paham itu penyakit bisa terus hidup..he..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, semar samiaji <[hidden email]> wrote:


From: semar samiaji <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:15 PM

















Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM







Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel











     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Sjahrazad
In reply to this post by semar samiaji
yang jadi presiden waktu itu siapa?

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:

>
> bisa Abang jelaskan menjadi demikian?...ulah Bung Karno kah???...
>  
> salam,
> ss
>
> --- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <sidoel@...> wrote:
>
>
> From: Sjahrazad <sidoel@...>
> Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
> To: [hidden email]
> Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:03 PM
>
>
> --- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@> wrote:
> >
> > Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
> >  
>
> mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)
>
> Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.
>
> Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.
>
> Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.
>
> Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.
>
> Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.
>
> suri tauladannya yang dari sisi mana?
>
> tabik,
> si Doel
>
>
>
> ------------------------------------
>
> Yahoo! Groups Links
>


Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

semar samiaji
he..he..he..he..he...kenapa emangnya?...salah sendiri kenapa jadi rakyat..he..he.he.he..begitu maksudnya?...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <[hidden email]> wrote:


From: Sjahrazad <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:29 PM


yang jadi presiden waktu itu siapa?

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:

>
> bisa Abang jelaskan menjadi demikian?...ulah Bung Karno kah???...
>  
> salam,
> ss
>
> --- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <sidoel@...> wrote:
>
>
> From: Sjahrazad <sidoel@...>
> Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
> To: [hidden email]
> Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:03 PM
>
>
> --- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@> wrote:
> >
> > Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
> >  
>
> mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)
>
> Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.
>
> Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.
>
> Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.
>
> Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.
>
> Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.
>
> suri tauladannya yang dari sisi mana?
>
> tabik,
> si Doel
>
>
>
> ------------------------------------
>
> Yahoo! Groups Links
>




------------------------------------

Yahoo! Groups Links






     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Wal Suparmo
In reply to this post by Indra N
Salam,
Bukannya hanya  kerajaan  Sriwidjaja,Majapahit dan Siliwangi yang Islam, bahkan Allah sendiri beragama Islam. Bukankan demikian logikanya?

Wasalam,
Wal Suparmo

--- Pada Sel, 30/11/10, Indra N <[hidden email]> menulis:


Dari: Indra N <[hidden email]>
Judul: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Selasa, 30 November, 2010, 2:19 PM


 




Kalau menurut beberapa yg saya tangkap, plus cerita xxx
Banyak sejarah kerajaan di nusantara tidak diceritakan sampai tuntas kehancurannya,
Karena banyak yang takut untuk publikasi.
 
Contoh :
Majapahit, setelah agama ...... masuk maka jadi hancur. Memang berlanjut kerajaannya jadi nama lain, tetapi pengaruh dan kesatuannya hilang dan akhirnya cuma kerajaan kecil.
Pajajaran juga begitu sebetulnya, tapi sayang kerajaan penerusnya tidak muncul karena kehancuran yang "parah"
Ternate Hindu, Kutai, Sriwijaya.
Mataram hindu sebetulnya juga sama tapi tidak sopan ngomong disini karena kerajaan penerusnya masih ada hingga sekarang.
 
Indonesia ???????
 
 
salam.
sori ikutan nulis aja.
 

----- Original Message -----
From: semar samiaji
To: [hidden email]
Sent: Tuesday, November 30, 2010 1:35 PM
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 






masih tanda tanya khan?...ya jawab masing2 aja...he..he.he..he...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, benediktus sudjanto <[hidden email]> wrote:


From: benediktus sudjanto <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 12:00 PM





 

Prabu Siliwangi Beragama Islam?

29 Nov 2010


SEJUMLAH warga terlihat termangu, saat memasuki Museum Sejarah Islam Sunda "Prabu Siliwangi". Museum yang berada di areal pojok Pesantren Dzikir Al-Fath di Kompleks Gading Kencana, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Minggu (28/11), sempat menarik perhatian warga terutama puluhan pelajar yang kebetulan memperoleh undangan untuk menghadiri peresmian museum.
Para pelajar Kota Sukabumi sempat tidak perca) dengandipamerkannya sejumlah benda bersejarah, yang berkaitan dengan keberadaan Prabu Siliwangi. Bahkan, mereka sempat mengernyitkan dahi setelah mengetahui ternyata Prabu Siliwangi telah menganut agama Islam. Padahal, dalam sejarah yang tertulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah menyatakan kerajaan Pajajaran menganut agama Hindu.
"Apakah benar Prabu Siliwangi beragama Islam?," ujar Adi Ramadhan, salah seorang pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cita Bina Mandiri
(CBM) Pakujajar kepada "PR", Minggu (28/11).
Rasa penasaran pelajar itu.muncul setelah menyimak beberapa tulisan yang berisikan wasiat Prabu Siliwangi dalam Kitab Suwasit, yang dipamerkan didalam ruangan pameran itu. Didalam Kitab Suwasit Sasakala Prabu Siliwangi itu, diceritakan perjalanan Prabu Siliwangi saat masuk Islam, berangkat ke haji dengan Syeh Quro. Termasuk dalam kitab yang sama mengenai diperolehnya gelar Prabu Siliwangi hingga menghilangnya Kerajaan Pajajaran secara gaib.
"Cerita ini sungguh sangat menarik. Akan tetapi, kenapa dalam buku sejarah hal-hal tersebut tidak pernah kami peroleh," katanya.
Walaupun mereka mengaku sempat membaca sejumlah literatur bacaan di sekolah mengenai Kerajaan Siliwangi. Namun, tidak membayangkan di Jawa Barat ini, masih terdapat pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi yang tersimpan rapi. Begitu pun gambar lokasi situs, arca, benda logam,keramik, hingga buku sejarah masa kerajaan Siliwangi dipamerkan di museum itu.
Museum yang hanya mampu menampung puluhan orang itu, tidak hanya dipenuhi peralatan persenjataan milik Kerajaan Siliwangi. Namun, berbagai prasasti berisikan perjalanan Prabu Siliwangi hingga menganut agama Islam. Begitu pun sejumlah naskah kuno dan benda peninggalan Prabu Siliwangi semasa menjadi Raja Pajajaran dipamerkan di museum itu. (Ahmad Rayadie/"PR")










Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Aryandi Yogaswara-2
In reply to this post by semar samiaji
Pemimpin akan bertanggung jawab atas yg dipimpin bukan sebaliknya.

Kalu soal benar atau salah.. Ya tunjuk pemimpinnya.

Begitu kah?

 
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: semar samiaji <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 16:31:13
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

he..he..he..he..he...kenapa emangnya?...salah sendiri kenapa jadi rakyat..he..he.he.he..begitu maksudnya?...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <[hidden email]> wrote:


From: Sjahrazad <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:29 PM


yang jadi presiden waktu itu siapa?

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:

>
> bisa Abang jelaskan menjadi demikian?...ulah Bung Karno kah???...
>  
> salam,
> ss
>
> --- On Tue, 11/30/10, Sjahrazad <sidoel@...> wrote:
>
>
> From: Sjahrazad <sidoel@...>
> Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
> To: [hidden email]
> Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:03 PM
>
>
> --- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@> wrote:
> >
> > Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
> >  
>
> mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)
>
> Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.
>
> Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.
>
> Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.
>
> Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.
>
> Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.
>
> suri tauladannya yang dari sisi mana?
>
> tabik,
> si Doel
>
>
>
> ------------------------------------
>
> Yahoo! Groups Links
>




------------------------------------

Yahoo! Groups Links






     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Bls: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Wal Suparmo
In reply to this post by Sjahrazad
Salam,
Menurut denumerasi uang rupah akan dibicarakan lagi akhir Desember 2010 karena memang tidak ada jalan lain dari Rp 1000,- harus menjadi Rp 1,- lagi.Dalam arti 3 nol dibelakang harus dihapus. Antara lain sehubungan dengan kapasitas komputer.
Pada waktu penyerahan kedaulatan tgl 29 Desember 1949, koers uang  1 US$ adalah Rp 2,- sesuai dengan F2,-( gulden).
Sekali merdeka, tetap merdeka! ( Celana karung).

Wasalam,
Wal Suparmo

--- Pada Sel, 30/11/10, Sjahrazad <[hidden email]> menulis:


Dari: Sjahrazad <[hidden email]>
Judul: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Selasa, 30 November, 2010, 3:03 PM


 



--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel








Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Aryandi Yogaswara-2
In reply to this post by Wal Suparmo
Dan yhv beragama yahudi.. Kalu elia itu nasrani.. Hyang widhi itu hindu.. Serta gusti pangeran pasti wiwitan..

Ya kah Om?

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Wal Suparmo <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 19:39:00
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Salam,
Bukannya hanya  kerajaan  Sriwidjaja,Majapahit dan Siliwangi yang Islam, bahkan Allah sendiri beragama Islam. Bukankan demikian logikanya?

Wasalam,
Wal Suparmo

--- Pada Sel, 30/11/10, Indra N <[hidden email]> menulis:


Dari: Indra N <[hidden email]>
Judul: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Selasa, 30 November, 2010, 2:19 PM


 




Kalau menurut beberapa yg saya tangkap, plus cerita xxx
Banyak sejarah kerajaan di nusantara tidak diceritakan sampai tuntas kehancurannya,
Karena banyak yang takut untuk publikasi.
 
Contoh :
Majapahit, setelah agama ...... masuk maka jadi hancur. Memang berlanjut kerajaannya jadi nama lain, tetapi pengaruh dan kesatuannya hilang dan akhirnya cuma kerajaan kecil.
Pajajaran juga begitu sebetulnya, tapi sayang kerajaan penerusnya tidak muncul karena kehancuran yang "parah"
Ternate Hindu, Kutai, Sriwijaya.
Mataram hindu sebetulnya juga sama tapi tidak sopan ngomong disini karena kerajaan penerusnya masih ada hingga sekarang.
 
Indonesia ???????
 
 
salam.
sori ikutan nulis aja.
 

----- Original Message -----
From: semar samiaji
To: [hidden email]
Sent: Tuesday, November 30, 2010 1:35 PM
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 






masih tanda tanya khan?...ya jawab masing2 aja...he..he.he..he...
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, benediktus sudjanto <[hidden email]> wrote:


From: benediktus sudjanto <[hidden email]>
Subject: [Spiritual-Indonesia] Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 12:00 PM





 

Prabu Siliwangi Beragama Islam?

29 Nov 2010


SEJUMLAH warga terlihat termangu, saat memasuki Museum Sejarah Islam Sunda "Prabu Siliwangi". Museum yang berada di areal pojok Pesantren Dzikir Al-Fath di Kompleks Gading Kencana, Kelurahan Karang Tengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Minggu (28/11), sempat menarik perhatian warga terutama puluhan pelajar yang kebetulan memperoleh undangan untuk menghadiri peresmian museum.
Para pelajar Kota Sukabumi sempat tidak perca) dengandipamerkannya sejumlah benda bersejarah, yang berkaitan dengan keberadaan Prabu Siliwangi. Bahkan, mereka sempat mengernyitkan dahi setelah mengetahui ternyata Prabu Siliwangi telah menganut agama Islam. Padahal, dalam sejarah yang tertulis dalam buku-buku pelajaran di sekolah menyatakan kerajaan Pajajaran menganut agama Hindu.
"Apakah benar Prabu Siliwangi beragama Islam?," ujar Adi Ramadhan, salah seorang pelajar Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cita Bina Mandiri
(CBM) Pakujajar kepada "PR", Minggu (28/11).
Rasa penasaran pelajar itu.muncul setelah menyimak beberapa tulisan yang berisikan wasiat Prabu Siliwangi dalam Kitab Suwasit, yang dipamerkan didalam ruangan pameran itu. Didalam Kitab Suwasit Sasakala Prabu Siliwangi itu, diceritakan perjalanan Prabu Siliwangi saat masuk Islam, berangkat ke haji dengan Syeh Quro. Termasuk dalam kitab yang sama mengenai diperolehnya gelar Prabu Siliwangi hingga menghilangnya Kerajaan Pajajaran secara gaib.
"Cerita ini sungguh sangat menarik. Akan tetapi, kenapa dalam buku sejarah hal-hal tersebut tidak pernah kami peroleh," katanya.
Walaupun mereka mengaku sempat membaca sejumlah literatur bacaan di sekolah mengenai Kerajaan Siliwangi. Namun, tidak membayangkan di Jawa Barat ini, masih terdapat pusaka-pusaka peninggalan Prabu Siliwangi yang tersimpan rapi. Begitu pun gambar lokasi situs, arca, benda logam,keramik, hingga buku sejarah masa kerajaan Siliwangi dipamerkan di museum itu.
Museum yang hanya mampu menampung puluhan orang itu, tidak hanya dipenuhi peralatan persenjataan milik Kerajaan Siliwangi. Namun, berbagai prasasti berisikan perjalanan Prabu Siliwangi hingga menganut agama Islam. Begitu pun sejumlah naskah kuno dan benda peninggalan Prabu Siliwangi semasa menjadi Raja Pajajaran dipamerkan di museum itu. (Ahmad Rayadie/"PR")











Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: Bls: Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Aryandi Yogaswara-2
In reply to this post by Wal Suparmo
Lebih baik celana karung daripada romusha eh pas romusha pake celana karung juga.


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Wal Suparmo <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 19:48:31
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Bls: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Salam,
Menurut denumerasi uang rupah akan dibicarakan lagi akhir Desember 2010 karena memang tidak ada jalan lain dari Rp 1000,- harus menjadi Rp 1,- lagi.Dalam arti 3 nol dibelakang harus dihapus. Antara lain sehubungan dengan kapasitas komputer.
Pada waktu penyerahan kedaulatan tgl 29 Desember 1949, koers uang  1 US$ adalah Rp 2,- sesuai dengan F2,-( gulden).
Sekali merdeka, tetap merdeka! ( Celana karung).

Wasalam,
Wal Suparmo

--- Pada Sel, 30/11/10, Sjahrazad <[hidden email]> menulis:


Dari: Sjahrazad <[hidden email]>
Judul: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
Kepada: [hidden email]
Tanggal: Selasa, 30 November, 2010, 3:03 PM


 



--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel









Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Aryandi Yogaswara-2
In reply to this post by semar samiaji
Yang paham itu ada 2 kemungkinan:
1. Yg pinter
2. Yg mungguh gusti

Begitukah?


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: semar samiaji <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 16:25:30
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

tambahan satu lagi Om Frans....kalo ada manusia yang bisa menghindar dari kematian, tolong bagi2 alamatnya di mana...mau berguru sama dia saya...he..he..he..he...
 
coba perhatikan salah satu yang dibanggakan dalam kehidupan adalah bercerita tentang penyakit yang dideritanya...kayaknya, kalo udah paham itu penyakit bisa terus hidup..he..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, semar samiaji <[hidden email]> wrote:


From: semar samiaji <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:15 PM

















Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM







Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel











     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Frans J Santoso
Bisa dijelaskan lebih lanjut Om?
.
.
-----Original Message-----
From: [hidden email]
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 12:51:38
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Yang paham itu ada 2 kemungkinan:
1. Yg pinter
2. Yg mungguh gusti

Begitukah?


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: semar samiaji <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 16:25:30
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

tambahan satu lagi Om Frans....kalo ada manusia yang bisa menghindar dari kematian, tolong bagi2 alamatnya di mana...mau berguru sama dia saya...he..he..he..he...
 
coba perhatikan salah satu yang dibanggakan dalam kehidupan adalah bercerita tentang penyakit yang dideritanya...kayaknya, kalo udah paham itu penyakit bisa terus hidup..he..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, semar samiaji <[hidden email]> wrote:


From: semar samiaji <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:15 PM

















Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM







Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel











     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Aryandi Yogaswara-2
>> dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he.. <<

Maksud nya.. Sy juga tidak paham Om dg quote di atas.. Awal nya sy pikir yg paham pasti org pinter.. Tapi kang SS sering bilang bhw dia orang bodoh.. Maka sy pikir kalau Kang SS bukan orang pinter maka beliau menjadi bisa paham karena mungguh gusti nya.

Tapi ini pun sy belum pasti.. Karena itu sy akhiri pendapat sy tsb dg kata:

Begitukah?

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Frans J Santoso" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 12:57:09
To: SI<[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Bisa dijelaskan lebih lanjut Om?
.
.
-----Original Message-----
From: [hidden email]
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 12:51:38
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Yang paham itu ada 2 kemungkinan:
1. Yg pinter
2. Yg mungguh gusti

Begitukah?


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: semar samiaji <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 16:25:30
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

tambahan satu lagi Om Frans....kalo ada manusia yang bisa menghindar dari kematian, tolong bagi2 alamatnya di mana...mau berguru sama dia saya...he..he..he..he...
 
coba perhatikan salah satu yang dibanggakan dalam kehidupan adalah bercerita tentang penyakit yang dideritanya...kayaknya, kalo udah paham itu penyakit bisa terus hidup..he..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, semar samiaji <[hidden email]> wrote:


From: semar samiaji <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:15 PM

















Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM







Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel











     
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|  
Report Content as Inappropriate

Re: tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Frans J Santoso
Maaf Om, jelas sekarang duduk soalnya :)
.
.
-----Original Message-----
From: [hidden email]
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 13:11:12
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

>> dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he.. <<

Maksud nya.. Sy juga tidak paham Om dg quote di atas.. Awal nya sy pikir yg paham pasti org pinter.. Tapi kang SS sering bilang bhw dia orang bodoh.. Maka sy pikir kalau Kang SS bukan orang pinter maka beliau menjadi bisa paham karena mungguh gusti nya.

Tapi ini pun sy belum pasti.. Karena itu sy akhiri pendapat sy tsb dg kata:

Begitukah?

Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: "Frans J Santoso" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 12:57:09
To: SI<[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Bisa dijelaskan lebih lanjut Om?
.
.
-----Original Message-----
From: [hidden email]
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 12:51:38
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

Yang paham itu ada 2 kemungkinan:
1. Yg pinter
2. Yg mungguh gusti

Begitukah?


Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: semar samiaji <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 16:25:30
To: <[hidden email]>
Reply-To: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] tambahan...Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

tambahan satu lagi Om Frans....kalo ada manusia yang bisa menghindar dari kematian, tolong bagi2 alamatnya di mana...mau berguru sama dia saya...he..he..he..he...
 
coba perhatikan salah satu yang dibanggakan dalam kehidupan adalah bercerita tentang penyakit yang dideritanya...kayaknya, kalo udah paham itu penyakit bisa terus hidup..he..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, semar samiaji <[hidden email]> wrote:


From: semar samiaji <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: [hidden email]
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:15 PM

















Om pernah lihat orang mati yang dalam keadaan raganya sehat atau fungsi dalam dirinya itu sehat...artinya, kalo mau ajal ada proses penghancuran raga sehingga hadir kematian...apa bedanya dengan peralihan tatanan kehidupan??...beda nama doang dan MASA HIDUPnya (usia) khan?...jadi kajian, apa yang memicu kehancuran itu...memang alami usia ATAU dipacu supaya cepet mati...dan yang tersirat juga adalah apakah ybs itu melakoni hidupnya dalam keadaan damai atau tidak...siapa yang paham ini??..he..he..he..
 
salam,
ss

--- On Tue, 11/30/10, Frans J Santoso <[hidden email]> wrote:


From: Frans J Santoso <[hidden email]>
Subject: Re: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?
To: "SI" <[hidden email]>
Date: Tuesday, November 30, 2010, 3:08 PM







Kalo ga salah, istilah Rp 1.000 menjadi Rp 1 adalah redenominasi, bukan dipotong. Pernah ndak ada pemotongan duit? Konon pernah terjadi, namanya sanering. Sekian pelurusan istilah, kalo ndak mau lurus , awassssssssss. :)
.
.


From: "Sjahrazad" <[hidden email]>
Sender: [hidden email]
Date: Tue, 30 Nov 2010 08:03:29 -0000
To: <[hidden email]>
ReplyTo: [hidden email]
Subject: [Spiritual-Indonesia] Re: Prabu Siliwangi Beragama Islam?

 

--- In [hidden email], semar samiaji <kind_evil_06@...> wrote:
>
> Mas Indra...ndak perlu jauh2 sampai kepada kerajaan2 yang seperti gambaran penulisan sejarah saat ini,,,,misalkan, Bung Karno aja...udah begitu banyak persepsi yang masuk di dalamnya...belum lagi, banyaknya pengakuan2 tentang diri Bung Karno yang menggunakan gambaran diri seperti Bung Karno, mulai tongkat komandonya...urusan harta karunnya...urusan batu merah delimanya...urusan ajaran Bung Karno yang katanya bernama Marhaenisme dan juga nasakomnya...banyaakkkkk banget yang semuanya mengkait-kaitkan dengan Beliau....namun, berapa banyak yang BENAR2 melakoni sebagai mana suri tauladan sebagai manusia yang selalu upaya mengayomi bangsanya??...
>  

mmm mBah SS jamannya Soekarno belon lahir sih yak :)

Ekonomi waktu itu amburadull, banyak orang miskin. Apalagi banyak orang gendeng saat uang Rp1000 dipotong jadi Rp1.

Semua harga bahan bahan pokok mahal. Beras mahal.

Dijaman itu harga telor muahal, hanya orang berduit yang bisa makan telor dan ayam.

Susu kental manis cap nona juga ndak pernah bisa kebeli oleh banyak orang.

Pemuda marhaen dan pemuda rakyat arogansinya juga sama saja dengan fpi sekarang.

suri tauladannya yang dari sisi mana?

tabik,
si Doel











     
12
Loading...